Teknologoi Layar Sentuh

Teknologi layar sentuh kini semakin marak, penggunaan keypad semakin tertinggal. Kalian sering menggunakan touchscreen, bahkan hampir setiam orang memiliki touchscreen, akan tetapi kalian sudah tahu belum penegertian touchscreen? Nah sekarang mari kita bahas pengertian layar sentuh. Touchscreen adalah perangkat alat input komputer yang bekerja dengan adanya sentuhan, baik sentuhan jari maupun sentuhan pena digital. Layar sentuh hanya akan merespon sentuhan apabila tangan kita dalam keadaan bersih dan kering, tangan yang kotor atau berminyak tidak mampu merespon.

Layar sentuh memiliki beberapa komponen, berikut komponennya :

  1. Panel sensor
Panel sensor layar sentuh posisinya ada di lapisan paling luar yang menyalurkan energi listrik dari tubuh manusia.
  1. Pengontrol
Pengontrol layar sentuh berfungsi menerima laporan atau data dari panel sensor layar sentuh yang kemudian di kirim ke prosesor komputer.
  1. Driver
Driver perangkat halus berfungsi untuk menerjemahkan yang kemudian mengubah menjadi gerakan tetikus.   Selanjutnya kita akan bahas mengenai perbedaan layar sentuh (touchscreen) resistive dan cavacitive.
  1. Layar sentuh resistive, lebih sensitive terhadap tekanan, namun sayang sekali layar sentuh resistive memiliki tampilan layar yang kurang jernih tidak sejernih layar sentuh cavacitive, layar sentuh resistive masih tetap bisa digunakan walaupun kita menggunakan sarung tangan yang tebal. Layar ini sangat menguntungkan bagi para pengguna di musin dingin.
  2. Layar sentuh cavacitive, sangat lembut, penggunaannya tidak memerlukan tekanan kita tinggal menaruh posisi jari kita, layar sentuh cavacitive memiliki tingkat kejernihan yang tinggi pada layar. Namun sayang sekali layar sentuh cavacitive tidak bisa digunakan saat kita menggunakan sarung tangan yang tebal.
Kedua touchscreen di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing, maka sebelum membelinya alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya, sehingga kita bisa memilih gedget sesuai apa yang kita butuhkan. Gedget touchscreen sangatlah sensitif sehingga tak jarang muncul masalah yang dialami para pengguna, kali ini saya akan membahas sekaligus memberikan solusi terhadap masalah touchscreen. Ada beberapa cara mengatasi masalah touchscreen, diantaranya:
  1. Coba periksa penggunaan RAM
Ketika gedget kamu mengalami masalah, hal pertama yang harus anda lakukan adalah memeriksa RAM karena ada kemungkinan touchscreen rusak karena RAMnya penuh, cek aplikasi apa saja yang memenuhi RAM, pilih beberapa aplikasi yang kurang penting kemudian hapus.
  1. Aktifkan GPU 2D Rendering
Untuk mengatasi layar sentuh yang rusak atau eror bisa dengan mengaktifkan GPU 2D Rendering, dan cara mengaktifkannya sangat mudah cukup masuk ke setting-developer option-force gpu rendering.
  1. Kalibrasi layar smartphone
Cara yang ketiga mengatasi gedget yang rusak yaitu dengan mengecek kalibrasi layar, semakin lama anda menggunakan gedget maka akan berpengaruh pada tampilan layar, maka kita harus memeriksa kalibrasi layar gedget.
  1. Jangan sembarangan memakai charger
Terkadang kita sering gonta ganti charger apalagi disaat kita lupa membawanya, yang pertama kali ada dikepala yaitu cari charger tanpa berfikir kita harus memakai charger yang sesuai. Maka disinilah letak permasalahannya, yang bisa berakibat pada baterai gedget cepat gabis. Biasakan memakai charger yang sesuai. Sekarang ini touchscreen bukan hannya pada hand phone atau komputer saja, kini tv juga hadir dengan teknologi touchscreen, biasanya tv touchscreen digunakan pada saat event atau pameran. apabila anda membutuhkan sewa tv touchscreen silahkan hubungi ke (021) 2295-2350.   Indonesia Berkah Teknologi Jalan Taman Bougenvile 1 Blok MM1 No 8 Jakarta Barat
× Order Sekarang!!