Sejarah Projector & jenis - Jenis Projector

           Seorang ilmuwan dari New York yang bernama Gene Dolgrof yang pertama kali menemukan proyektor LCD. Gene Dolgrof mulai mengawali bekerja di kampus pada 1968 dan mempunyai tujuan memproduksi sebuah video proyektor dimana dalam idenya itu ia akan membuat proyektor lcd yang menjadi lebih cerah dibandingkan dengan 3-CRT proyektor. Nah dari idenya itu, ia akan memakai elemen yang disebut cahaya katup guna sebagai pengatur jumlah cahaya yang melintasi itu. Pada tahun 1971 setelah ia mencoba bermacam-macam bahan, lalu kemudian memakai kristal cair untuk mengatur cahaya. Dan ia membawanya sampai dengan tahun 1984 untuk mendapat addressable dari lcd, dan ketika itulah untuk pertama kalinya di dunia ia membuat proyektor lcd.

            Gene Dolgrof melihat banyak sekali masalah yang musti ia koreksi termasuk piksel yang sangat terlihat dan juga cahaya utama hilang. Ia lalu memakai cara baru untuk menciptakan efesiensi tinggi agar menghilangkan bentuk atau tampilan yang terdapat pada piksel. Pada tahun 1988 ia memulai di Projectavision Inc dengan hak paten di seluruh dunia merupakan perusahaan proyektor LCD pertama di dunia. Pada 2004 dan juga 2005, proyektor LCD telah kembali hadir dengan karekateristik yang lebih lengkap dari sebelumnya karena penambahan dinamis dan warna yang kontras yang sudah meningkat sampai tingkat DLP. Sampai saat ini pabrik yang bergerak pada bidang pembuatan atau pengerjaan lcd utamanya proyektor lcd yaitu hanya tersisa perusahaan gambar Jepang Epson dan juga Sony.

            Proyektor adalah sebuah alat optik yang biasanya dipakai untuk menampilkan atau mempresentasikan gambar pada sebuah layar proyeksi sehingga gambat menjadi lebih besar. Selain menampilkan gambar, proyektor juga dapat menampilkan video dan juga gambar bergerak. Cara kerja proyektor yaitu proyektor menerima sinyal atau kode video dan memproyeksikan gambar atau video yang diterima kemudian dilanjutkan ke monitor proyeksi dengan menggunakan sistem lensa (kamera terbalik). Saat melakukan pembelian proyektor pasti sudah dilengkapi remote control jadi dapat dioperasikan dengan menampilkan materi power point atau yang lain-lainnya. Proyektor juga dapat digunakan atau dimanfaatkan untuk menampilkan film sehingga kita merasa seperti di dalam bioskop, padahal di rumah sendiri.

Jenis - Jenis Projector

 

Terdapat beberapa jenis proyektor diantaranya sebagai berikut:

1.       Proyektor LCD

Proyektor LCD merupakan jenis proyektor yang lebih modern dan sudah memperoleh pengembangan daripada jenis proyektor sebelum-sebelumnya dengan fungsi dan manfaat yang sama yaitu OHP (Overhead Projektor).

2.       Proyektor CRT

Proyektor jenis ini biasanya sering disebut dengan Katoda Ray Tube yang memakai proyektor kuno tabung gambar yang sudah digunakan di TV konvensional selama beberapa dekade. Pada proyektor CRT dipakai untuk memproyeksikan warna pokok yaitu, hijau, merah dan biru. Karena memiliki tiga tabung yang beda warna, menjadikan proyektor CRT ini lebih berat dan juga lebih besar.

3.       Proyektor Digital

Proyektor jenis ini digunakan untuk mengkonversi data yang berbentuk gambar yang berasal langsung dari monitor atau komputer ke layar dengan melewati sistem lensa. Ada 4 teknologi yang dipakai oleh proyektor digital diantaranya, Texas Instruments teknologi DLP, Intensitass tinggi CRT, LCD Proyektor memakai gerbang cahaya.

4.       Proyektor LCOS

Teknologi yang dipakai pada proyektor LCOS ini memakai kelebihan 2 teknologi yang telah ada sebelumnya, yaitu DLP dan LCD. Pada proyektor LCOS ini lebih ringan dan lebih cepat diproduksi dibandingkan dengan LCD. Resolusi yang didapat juga lebih baik yang diperkirakan mencapai 2048×1536 PIXEL yang artinya lebih bagus dibandingkan dengan LCD.

5.       Proyektor Digital Light Processing (DLP)

Pada proyektor digital light processing sebuah gambar dibuat dengan kaca kecil mikroskopis yang teratur pada sebuah matrix di atas chip semikonduktir, yang biasa dikenal sebagai Digital Micromirror Device.

× Order Sekarang!!