Sejarah Komputer

               Komputer, di zaman yang modern seperti sekarang pasti banyak orang yang sudah tidak asing lagi dengan benda eletkronik tersebut. Ya betul, komputer sudah menjadi bagian kehidupan orang banyak dengan fungsinya komputer dapat membantu memudahkan urusan manusia, baik di salam urusan hiburan dan juga urusan bisnis. Seiring dengan perkembangan zaman, ternyata proses komputer juga bertahap lho. Komputer zaman sekarang sangat berbeda dengan komputer zaman dahulu. Ukuran komputer zaman dahulu bisa sampai menghabiskan satu ruangan penuh hanya untuk meletakkan mesin komputernya saja. Kebayang dong gedenya? Bukan hanya dari segi bentuk saja yang berbeda, komponen yang dipakai dan kinerjanya ternyata juga beda.

 

               Pengertian dari komputer sendiri adalah alat yang digunakan untuk mengolah atau mengerjakan data menurut perintah yang sudah dirumuskan. Kata komputer artinya menghitung yang berasal dari bahasa Yunani “Computare”. Komponen-komponen komputer meliputi: Layar monitor, keyboar, Mouse, CPU, dan juga printer sebagai pelengkap. Jika tanpa printer pun komputer akan tetap dapat digunakan, namun hanya untuk dilihat dilayar monitor saja, belum dalam bentuk kertas. Asal muasal ditemukannya komputer adalah oleh Charles Babbage di tahun 1822, ia adalah seorang pakar marematik. Nah dari alat itulah kemudian berbagai pihak mengembangkannya menjadi komputer canggih yang sampai saat ini kita kenal. Dalam sejarahnya, komputer terbagi dalam lima generasi, akan dijelaskan secara singkat, yaitu:

1. Generasi Pertama (1946-1959)

Sejarah komputer generasi pertama adalah Elecronic Numerical Integrator and Calculator (ENIAC) yang programnya dirancang tahun 1942, dan pada tahun 1943 mulai dikerjakan oleh John Presper Eckert bersama Dr. John W. Mauchly di Univeraitiy of Pennsylvania dan selesai di tahun 1946. Untuk menempatkan programnya membutuhkan ruangan seesar 500 m2. ENIAC juga membutuhkan daya listrik sebesar 140 kilowatt. Berat mesin lebih dari 30 ton. Ciri-ciri utama yang dimiliki komputer generasi pertama yaitu CPU. CPU yang ada pada komputer generasi pertama yaitu mesin pertama yang dipakai untuk mengoperasi semua sistem kompter.

2.Generasi Kedua (1959-1964)

Pada tahun 1948 ditemukan penemuan penting yaitu transitor, sebuah alat yang canggih yang memaksimalkan kerja komputer dengann ukuran sangat kecil. Ilmuwan pun mulai menggarap komputer generasi II pada tahun 1959-1960-an. Komputer generasi II sudah mengganti bahasa mesin menjadi bahasa assembly sebagai pengganti kode biner. Pada komputer generasi kedua ini ada beberapa jenis diantaranya UNIVAC SS80, UNOVAC III, 1107, dan juga IBM 1400, 7080, 7070, 1600, dan SS90. Kelebihan komputer ini adalah bentuk dan ukurannya yang efisien tapi dari segi transistornya menghasilkan panas yang cukup besar.

3.Generasi Tiga (1964-1970)

Ciri utama dari Komputer generasi ini menggunakan Integrated Circuit (IC) yang menggantikan trasnsistor. Jack Kilby adalah seorang insinyur di Texas Instrument yang mengembangkan IC. Beberapa komputer generasi ini adalah UNIVAC 9000, IBM S/360, univac 1108, ge 600, Burroughts 5700, 6700, 7700, pdp-11,CDC 3000, NCR Century, 6000, dam PDP-8.

4. Generasi Empat (1979-2000an)

Pada generasi empat ditemukan inovasi baru yaitu LSI (Large Scale Integration). LSI mrupakan penyatuan dari beribu-ribu IC pada sebuah kepingan yang disebut CHIP. Beberapa komputer generasi empat yaitu Apple I, Apple II, Vizicalc Altair, dan IBM 370.

5. Generasi Lima (Sekarang)

Pada komputer generasi lima ini telah dilakukan banyak pengembangan. Komputer ini banyak disebut sebagai komputer generasi masa depan. Sejarah dari komputer ini ditandai dengan munculnya Large Scale Integration (LSI) dan microprocessor dan juga munculnya semi conductor.

× Order Sekarang!!