Pengertian Tentang Touchscreen

Anda pasti sering mendengar kata touchscreen atau bahkan mungkin sering menggunakannya contohnya smart phone touchscreen. Namun apakah anda tahu apa itu touchscreen? Apa anda tahu kelebihan dan kekurangan touchscreen? Kalu belum tahu mari kita bahas tentang touchscreen. Touchscreen adalah sebuah layar tampilan komputer yang sangat sensitif terhadap sentuhan sehingga manusia dapat berinteraksi dengan cara menyentuh layar pada komputer. Untuk sekarang ini layar touchscreen banyak kita temui dimana-mana bahkan di tempat umum juga sudah memakainya seperti rumah sakit, bandara, atau pada pameran-pameran. perkembangan teknologi touchscreen semakin merambah, bahkan hampir semua hand phone sekarang menggunakan layar touchscreen yang laris di buru pembeli, tingginya gengsi para pengguna gedget akan teknologi menyebabkan meningkatnya penjualan barang yang menggunakan teknologi touchscreen. Walaupun layar touchscreen sangat sensitif dan mudah rusak namun tidak menyurutkan minat pengguna untuk membelinya.

Cara Kerja Touchscreen Ada 3 komponen yang terdapat di dalam touchscreen diantaranya:

  1. Touch sensor

Touch sensor yaitu satu lapisan yang berfungsi menerima input dari luar monitor. Biasanya input yang di dapat berupa sentuhan jadi sensornya berupa sensor sentuhan, sensor sentuh berbentuk sebuah panel yang dibuat dari bahan kaca dan sangat sensitif. Posisinya diletakan paling depan dari sebuah layar touchscreen, jika disentuh layar tersebut kita secara langsung memberikan input. Ada beberapa macam touch sensor yang biasa digunakan seperti resistive touchscreen, capasitive touchscreen, dan surface wave touchscreen. Semua cara kerjanya sama menangkap perubahan arus dan listrik yang ada pada sensor.

  1. Contoller

Controller merupakan satu perangkat yang di fungsikan menghubungkan sensor dengan perangkat komputer yang akan memproses sentuhan. Sensor yang merekan sentuhan maka data akan dilanjutkan ke controller. Yang selanjutnya controller tersebut mengartikan informasi dari sensor menjadi informasi yang dipahami oleh komputer. Yang kemudian informasi akan dikeluarkan lagi ke monitor untuk di tampilkan.

  1. Software driver

Software driver adalah software yang sudah di instal di komputer yang bertugas mengatur supaya perangkat touchscreen atau komputer mampu bekerja. Operating system akan di atur software driver tentang cara mengurus even-even sentuhan dari atas layar touchscreen. Driver touchscreen sekarang ini banyak sekali yang menggunakan driver yang mirip dengan driver mouse. Menggunakan driver perangkat developer program tidak usah penat berpikir bagaimana program mampu berkomunikasi dengan touchscreen atau layar sentuh.

Kelebihan dan Kekurangan Touchscreen

  1. Kelebihan Touchscreen

Kelebihan touchscreen atau layar sentuh yaitu dapat memudahkan pengguna ketika pengetikan, selain itu dengan touchscreen kita bisa memindahkan menu apa saja sesuai dengan apa yang kita mau, biasanya menu yang sering digunakan di taruh di paling depan sehingga dapat mempercepat proses pencarian.

  1. Kekurangan touchscreen

Kekurangan teknologi touchscreen yaitu ketika kita mau mengetik dengan cepat tak jarang layar touchscreen mengalami eror, selain itu layar touchscreen memiliki kelemahan lambannya respon yang diberikan ketika kita sedang mengetik maka diperlukan kesabaran ekstra berbeda dengan menggunakan tombol yang lebih cepat merespon, harga yang ditawarkan akan lebih mahal walaupun fungsinya sama, layar touchscreen sangat sensitif sehingga mudah sekali terjadi kerusakan, menggunakan teknologi touchscreen harus di jaga dari segi kebersihan, debu atau air supaya sentuhan bisa diterima dengan tepat, kelemahan touchscreen selanjutnya terletak pada biaya service yang sangat mahal bahkan hampir sama dengan harga touchscreen yang baru.

 

 

× Order Sekarang!!