Pengertian & Fungsi Proyektor

Pengertian proyektor

Proyektor adalah alat yang digunakan untuk menampilkan atau memproyeksikan gambar jadi lebih besar. Proyektor di arahkan pada dinding atau papan tulis, proyektor bekerja dengan menerima isyarat vidio yang kemudian diproyeksikan gambar yang diterima selanjutnya di arahkan ke monitor proyeksi dengan sistem lensa. Proyektor biasa digunakan untuk presentasi dengan menggunakan powerpoint atau yang lainnya. Selain itu proyektor juga bisa digunakan untuk nonton film seperti di bioskop.

 

Fungsi proyektor

Proyektor berfungsi menampilkan data dari komputer baik dalam bentuk vidio, gambar atau data lainnya yang di tanpilkan ke dinding atau papan tulis. Proyektor juga memiliki kelebihan diantaranya, mampu menampilkan gambar yang lebih besar dan sangat praktis karena bisa dibawa kemana-mana. Apabila anda mau berencana membeli proyektor dan akan anda bawa kemana-mana maka pilihlah proyektor yang tidak terlalu berat dan praktis. Berikut ini fungsi dari proyektor:

  1. Proyektor sebagai alat untuk presentasi. Salah satu fungsi dari proyektor untuk mendukung saat presentasi, dengan bantuan proyektor presentasi menjadi lebih hidup, dinamis dan atraktif
  2. Proyektor sebagai alat atau media informasi. Proyektor mampu menampilkan layar yang lebih besar sehingga sangat efektif dijadikan media informasi.
  3. Proyektor sebagai alat untuk memutar vidio. Dengan adanya proyektor kita dapat menikmati sensasi nonton film di dalam rumah.

Jenis-jenis proyektor

  1. Proyektor elektronik
  2. Proyektor Digital. Proyektor jenis ini biasa digunakan untuk mengkonversi data langsung dari komputer dengan sistem lensa. Proyektor jenis ini menhadirkan data sebenarnya di dalam komputer untuk presentasi, proyektor digital sangat berperan penting untuk membentuk home theater. Ada beberapa teknologi yang digunakan proyektor digital seperti teknologi DLP, LCD proyektor, Intensitas tinggi CRT.
  3. Proyektor LCD. Proyektor LCD merupakan seperangkat alat yang digunakan untuk presentasi, mampu menghadirkan gambar dengan size yang lebih besar, ada beberapa alat pendukung seperti kabel data yang digunakan untuk menyambungkan LCD proyektor dengan komputer, jenis kabel data yang dipakai yaitu power supply dan adaptor serta kabel.
  4. Proyektor CRT. Proyektor CRT memanfaatkan proyektor kuno tabung gambar yang dulu digunakan pada TV. Proyektor jenis ini digunakan untuk mengalihkan gambar ke layar. Warna-warna yang diproyeksikan yaitu warna hijau, merah dan biru.
  5. Proyektor DLP. Proses cahaya digital masing-masing kaca mewakilkan 1 fixel di dalam gambar yang di proyeksikan, biasanya digunakan dalam televisi projeksi dan proyektor, Texas Instruments adalah orang pertama yang mengembangkan DLP.
  6. Proyektor LCOS. Teknologi memanfaatkan teknologi LCD dan DLP, teknologi ini lebih mudah serta bobotnyapun lebih ringan dibanding LCD, sehingga cocok digunakan untuk yang sering membawa proyektor kemana-mana. Proyektor LCOS mampu mengurangi artefak yang hadir pada LCD, dan memiliki kontrol analog dengan gradasi warna jauh lebih baik, serta jauh lebih baik untuk contrast ratio
  7. Proyektor transparansi
  8. Proyektor film, proyektor jenis ini biasanya digunakan untuk membuat film.
  9. Proyektor Slide yaitu sebuah alat yang berfungsi memperlihatkan bayangan sebuah gambar positif yang bisa ditembus cahaya.
  10. Proyektor overhead (OHP), proyektor ini terdiri dari satu kontak yang pada bagian atasnya sebagai landasan yang luas untuk menaruh transparansi.
  11. Magic Lantern, proyektor jenis ini ditemukan oleh Athanasius Kircher tahun 1671.
  12. Enlarger, proyektor yang transparansinya khusus digunakan untuk menghasilkan hasil fotograpi dari kaca negative dengan memakai proses gelatin silver atau transparansi.
× Order Sekarang!!