Jenis - Jenis Barcode Scanner

               Barcode (kode batang) yaitu sekumpulan garis yang berwarna hitam dan putih dengan ketebalan yang berbeda-beda yang di dalamnya terdapat data. Data yang ada di dalamnya biasanya asal negara, asal pabrik atau perusahaan yang memproduksi serta jenis barang. Fungsi atau kegunaan barcode yang sering kita temui sehari-hari adalah ketika kita berbelanja di swalayan, kita sering melihat seorang kasir yang menggunakan barcode untuk mengetahui harga barang, jenis barang dan informasi lain tentang barang, dengan adanya barcode kasir dapat dengan cepat mendapatkan informasi mengenai barang tersebut, selain itu dengan menggunakan barcode data yang di dapat lebih tepat dan akurat sehingga dapat meminimalisir kerugian yang diakibatkan salah input barang, dengan adanya barcode proses pembayaran akan lebih cepat sehingga dapat menghindari antrian panjang di kasir.

Jenis-jenis barcode scanner yang biasa digunakan:

  1. Hans Free Scanner

Hans free scanner merupakan jenis barcode yang sangat mendukung produktivitas perusahaan karena barcode hans free scanner tahan lama awet dan banyak fungsinya, jenis barcode ini sangat mudah digunakan oleh siapapun karena bisa diletakan dimana saja, serta penggunaanya bisa dilakukan dengan kedua tangan.

  1. Laser Barcode Scanner

Laser barcode scanner merupakan barcode scanner yang lebih banyak digunakan oleh para pengguna karena sangat mudah digunakan, barcode jenis ini ketika memindai harus berjarak antara 2-8 cm atau 6 sampai 24 inch.

  1. Barcode Decoder

Barcode Decoder adalah barcode yang menjadi penerjemah untuk komputer, barcode jenis ini bisa mengartikan data yang bisa dibaca atau dipahami oleh komputer. Biasanya barcode jenis ini digunakan apabila kita menggunakan barcode scanner yang tipenya tidak mampu menerjemahkan barcode.

  1. Barcode Terminal Portable (PDT)

Barcode terminal portable adalah barcode yang memakai baterai sehingga untuk penggunaanya sangat mudah dan fleksibel karena bisa dibawa kemana-mana. Jenis barcode ini dilengkapi dengan layar LCD dan keypad sehingga mampu mempermudah para pengguna ketika sedang melakukan memasukan data ke dalam komputer.

  1. Hand Held Wentd

Hand Held Wentd merupakan jenis barcode yang sangat praktis apabila dibanding dengan jenis barcode lainnya. Ketika menggunakannya di saat proses scanning, pena harus disentuh atau ditempelkan ke barcode yang di scan. Barcode jenis ini apabila di scann berulang-ulang bisa menyebabkan kerusakan.

  1. Cordless Barcode Scanner

Cordless Barcode Scanner sangat tepat apabila digunakan pada bidang industri atau perusahaan yang sangat besar, barcode jenis ini sangat efektif dan efisien karena mampu bekerja tanpa menggunakan kabel. Maka tak heran banyak perusahaan besar yang lebih memilik barcode jenis ini untuk menunjang pekerjaan.

  1. Wearable Barcode Scanner

Wearable Barcode Scanner biasa dipakai dengan memakai 2 cara, cara yang pertama scanner diaktifkan dengan diarahkan ke barcode dan scanning dengan memakai jari yang menekan pelatuk (trigger scanner), dan cara yang kedua yaitu dengan menempatkan scanner di stand serta meletakan barcode di depan scanner yang kemudian scanner akan melakukan scanning data.

               Dengan anda mengetahui jenis dan fungsi barcode scanner maka anda bisa menentukan jenis barcode mana yang cocok yang akan anda gunakan untuk menunjang usaha anda, jadi anda tidak akan salah pilih atau salah beli barcode. Selain informasi di atas hal lainnya yang harus anda ketahui sebelum membeli barcode yaitu tanyakan garansi yang diberikan vendor untuk produknya, pilihlah vendor yang bisa memberikan garansi lebih lama, karena semakin lama garansi yang diberikan itu akan membuktikan daya tahan barcode yang anda beli (kualitas lebih terjamin).

 

 

× Order Sekarang!!